Saturday, April 04, 2015

MAKALAH ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR - MANUSIA DAN TEKNOLOGI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
            Pada zaman sekarang, teknologi menjadi salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Kehidupan manusia yang dinamis dan cepat dalam menanggapi perubahan lingkungan menjadi salah satu alasan mengapa teknologi menjadi penting. Teknologi perlahan menjadi kebutuhan pokok masyarakat, bahkan untuk masyarakat perkotaan yang menjadikan teknologi sebagai penunjang dalam melakukan kegiatan bisnisnya.

            Teknologi sesungguhnya telah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, diantaranya mempermudah mobilisasi, memberikan kecepatan dalam proses bisnis, memberikan kemudahan-kemudahan dalam aktifitas rumah tangga, dan masih banyak lagi. Namun dampak-dampak dari teknologi pun perlu diperhatikan, karena tidak selamanya teknologi membawa manfaat untuk manusia. Teknologi nuklir di Chernobyl dan Fukushima adalah contoh kegagalan dalam pemanfaatan teknologi. Oleh karena, antisipasi dampak buruk dari setiap teknologi sangat diperlukan.

            Pemaparan singkat di atas melatarbelakangi tim penyusun untuk menyusun makalah berjudul “Manusia dan Teknologi”. Judul tersebut diambil dari materi silabus mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar.
           
B. Topik Permasalahan
Berdasarkan latar belakang di atas, tim penyusun membuat topik permasalahan terkait makalah “Manusia dan Teknologi” sebagai berikut:
a.   Apakah pengertian dari manusia dan kas?
b.   Apa saja jenis-jenis teknologi?
c.   Apakah hubungan antara manusia dengan teknologi?
d.   Apa saja dampak teknologi terhadap kehidupan manusia?

C. Tujuan Penulisan
       Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang teknologi dan perannya bagi kehidupan manusia.




BAB II
PEMBAHASAN
  
A.     Pengertian Manusia dan Teknologi
            Manusia dapat berlaku sebagai makluk individu dan makluk sosial. Sebagai individu dengan kepribadian khasnya, manusia berada di tengah-tengah individu lain yang sekaligus mematangkannya sebagai pribadi. Individu sendiri berasal dari kata in dan devided. Dalam Bahasa Inggris in salah satunya mengandung pengertian tidak, sedangkan devided artinya terbagi. Jadi individu artinya tidak terbagi, atau satu kesatuan. Dalam bahasa latin individu berasal dari kata individium yang berarti yang tak terbagi, jadi merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan tak terbatas. Manusia sebagai makhluk individu memiliki unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, unsur raga dan jiwa. Seseorang dikatakan sebagai manusia individu manakala unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Jika unsur tersebut sudah tidak menyatu lagi maka seseorang tidak disebut sebagai individu. Dalam diri individu ada unsur jasmani dan rohaninya, atau ada unsur fisik dan psikisnya, atau ada unsur raga dan jiwanya.

Setiap manusia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, tidak ada manusia yang persis sama. Dari sekian banyak manusia, ternyata masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Seorang individu adalah perpaduan antara faktor fenotip dan genotip. Faktor genotip adalah faktor yang dibawa individu sejak lahir, ia merupakan faktor keturunan, dibawa individu sejak lahir. Jika seorang individu memiliki ciri fisik atau karakter sifat yang dibawa sejak lahir, ia juga memiliki ciri fisik dan karakter atau sifat yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan (faktor fenotip). Faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seseorang. Istilah lingkungan merujuk pada lingkungan fisik dan lingkungan sosial Ligkungan fisik seperti kondisi alam sekitarnya. Lingkungan sosial, merujuk pada lingkungan dimana eorang individu melakukan interaksi sosial. Kita melakukan interaksi sosial dengananggota keluarga, dengan teman, dan kelompok sosial yang lebih besar.

Menurut kodratnya manusia merupakan makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, dan diberikan akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Manusia tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain. Dorongan masyarakat yang dibina sejak lahir akan selalu menampakan dirinya dalam berbagai bentuk, karena itu dengan sendirinya manusia akan selalu bermasyarakat dalam kehidupannya. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, juga karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia.

Teknologi sebenarnya berasal dari kata Bahasa Perancis yaitu “La Teknique“ yang dapat diartikan dengan ”Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan cara yaitu secara rasional adalah penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang (repetisi). Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia. Hal mana juga memperlihatkan tentang wujud dari karya cipta dan karya seni (Bahasa Yunani: techne) manusia selaku homo technicus. Dari sini muncullah istilah “teknologi”, yang berarti ilmu yang mempelajari tentang “techne” manusia. Tetapi pemahaman seperti itu baru memperlihatkan satu segi saja dari kandungan kata “teknologi”. Teknologi sebenarnya lebih dari sekedar penciptaan barang, benda atau alat dari manusia selaku homo technicus atau homo faber. Teknologi bahkan telah menjadi suatu sistem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia. Teknologi bukan lagi sekedar sebagai suatu hasil dari daya cipta yang ada dalam kemampuan dan keunggulan manusia, tetapi ia bahkan telah menjadi suatu “daya pencipta” yang berdiri di luar kemampuan manusia, yang pada gilirannya kemudian membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain.

Teknologi juga penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang. Teknologi merupakan aplikasi ilmu dan engineering untuk mengembangkan mesin dan prosedur agar memperluas dan memperbaiki kondisi manusia atau paling tidak memperbaiki efisiensi manusia pada beberapa aspek.

Definisi teknologi atau penggunaan teknologi oleh manusia kini berkembang sangat
pesat. Banyak teknologi baru yang diciptakan manusia untuk memudahkan keperluan mereka. Contohnya saja teknologi pertanian, teknologi internet, dan masih banyak teknologi lainnya. Banyak orang yang menggunakan teknologi, namun tidak banyak orang yang mengerti apa definisi teknologi sebenarnya. Oleh karena itu, banyak orang yang tidak dapat membedakan teknologi. Sebab itu juga, disini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang pengertian teknologi.



Teknologi memiliki banyak definisi yang berbeda-beda. Masing-masing dikemukakan oleh beberapa buku dan ahli dalam bidangnya,yang antara lain :
1.   Definisi Teknologi Menurut Poerbahawadja Harahap, Teknologi adalah ilmu yang menyelidiki cara- cara kerja di dalam tehnik.
2.   Definisi Teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990 : 1158), Teknologi adalah ;
a.    Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan;  
b.    Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang- barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
3.   Dalam Random House Dictionary seperti dikutip Naisbitt (2002 : 46) Teknologi adalah sebagai benda, sebuah obyek, bahan dan wujud yang jelas- jelas berbeda dengan manusia.
4.   Definisi Teknologi menurut Wikipedia situs wiki terbesar di Dunia, Teknologi adalah :
     Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
5.   Menurut Miarso (2007 : 62) teknologi adalah proses yang meningkatkan nilai tambah, proses tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu produk , produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu menjadi bagian integral dari suatu sistem.

Teknologi masa kini telah banyak berkembang di masyarakat. Penggunaan teknologi oleh manusia sendiri diawali dengan alat-alat sederhana yang dibuat oleh manusia pada jaman dahulu. Contohnya saja pada teknologi otomotif, mungkin roda saat ini dianggap oleh manusia hanya biasa saja. Namun pada jaman dahulu teknologi tersebut adalah teknologi paling inovatif, karena roda sangat membantu manusia untuk perjalanan. Namun jika dibandingkan dengan teknologi zaman sekarang, roda mungkin hanya tinggal sejarah.

Namun, teknologi zaman sekarang masih terus berkembang pesat dan menciptakan
inovasi dan karya-karya terbaru. Salah satunya adalah teknologi Smartphone yang menjadi
fenomena pada saat ini. Smartphone menjadi fenomena karena beberapa kelebihan yang
dimilikinya daripada handphone lainnya. Oleh karena itu juga, smartphone disebut sebagai
teknologi baru.





B.     Jenis-Jenis Teknologi
            Terdapat sembilan jenis teknologi sebagai berikut:
1.    Teknologi Komunikasi adalah teknologi yang memudahkan masyarakat untuk bertukar informasi. Mencakup: teknologi komunikasi, teknologi musik.
2.    Teknologi Industri adalah teknologi yang memudahkan masyarakat dalam memproduksi kebutuhannya. Mencakup: rekayasa keuangan, teknik mesin.
3.    Teknologi Perencanaan adalah teknologi yang memudahkan masyarakat untuk merencanakan teknologi baru yang akan dipakai di kehidupannya di masa depan. Mencakup: biorekayasa, perencanaan sipil, perencanaan bangunan, perencanaan biokimia, perencanaan luar angkasa, perencanaan nuklir.
4.    Teknologi Kesehatan dan Keselamatan adalah teknologi yang memudahkan masyarakat dalam menjaga kesehatan dan keselamatannya. Mencakup: bioinformatik, bioteknologi, teknologi kesehatan.
5.    Teknologi Olahraga dan Rekreasi adalah teknologi yang memudahkan masyarakatdalam melengkapi dan menjamin sarana olahraga dan rekreasi. Mencakup: peralatan perkemahan, taman ria.
6.    Teknologi Transportasi adalah teknologi yang memudahkan masyarakat dalam berpergian ke tempat tujuannya. Mencakup: rekayasa ruang angkasa, perencanaan kelautan, perencanaan kendaraan bermotor, teknologi transportasi.
7.    Teknologi Kerumahan adalah teknologi yang memudahkan masyarakat dalam menyediakan kebutuhan setiap pemilik rumah. Mencakup: teknologi hasil dan pengeluaran makanan, teknologi pendidikan, perindustrian alat-alat rumah tangga.
8.    Teknologi Sains Praktik adalah teknologi yang memudahkan masyarakat dalam menyediakan alat-alat yang membantu kerja tiap individu dengan menggunakan ilmu sains. Mencakup: teknika elektronik, rekayasa optik, mikroteknologi, pembangkit listrik.
9.    Teknologi Kemiliteran adalah teknologi yang memudahkan masyarakat untuk memenuhi sarana pasukan bersenjata masing-masing negara. Mencakup: rekayasa bom, perencanaan angkatan laut, senjata api dan amunisi

C.     Hubungan antara Manusia dengan Teknologi
Dalam era modern seperti sekarang ini manusia dan teknologi sangatlah berkaitan. Sebagai makhluk hidup manusia membutuhkan teknologi sebagai penunjang dalam berbagai aspek aspek kehidupan sehingga dalam kehidupannya tersedia berbagai kemudahan, namun disisi lain teknologi juga membutuhkan peran manusia dalam rangka pengembangan teknologi itu sendiri. Dan korelasi ini berdampak pada efektifitas dan efisiensi dalam kehidupan  manusia sehari-hari.


Dengan ilmu dan teknologi tumbuhlah berbagai industri yang hasilnya dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, antara lain:
1.      Dalam bidang pertanian, peternakan, dan perikanan
·      Mampu menciptakan alat pertanian yang maju seperti traktor, alat pemotong dan penanam, alat pengolah hasil pertanian, dan alat penyemprot hama. Dengan alat-alat tersebut diharapkan manusia dapat menggunakan waktu dan tenaga lebih efektif dan efisien.
·      Produksi pupuk buatan dapat membantu menyuburkan tanah, demikian juga dengan produksi pestisida dapat memungkinkan pemberantasan hama lebih berhasil, sehingga produksi pangan dapat ditingkatkan.
·      Teknik-teknik pemuliaan dapat meningkatkan produksi pangan. Dengan teknik pemuliaan yang semakin canggih dapat ditemukan bibit unggul seperti jenis padi VUTW (Varietas Unggul Tahan Wereng), kelapa hibrida, ayam ras, ayam broiler,sapi perah, dan bermacam-macam jenis unggul lainnya.
·      Teknologi mutasi buatan dapat menghasilkan buah-buahan yang besar serta tidak berbiji.
·      Teknologi pengolahan pascapanen, seperti pengalengan ikan, buah-buahan, daging, dan teknik pengolahan lainnya.
·      Budidaya hewan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan manusia.
2.      Dalam bidang kedokteran dan kesehatan
·      Dengan hasilnya manusia menciptakan alat-alat operasi mutakhir, bermacam macam obat, penggunaan benda radioaktif untuk pengobatan dan mendiagnosis berbagai penyakit, sehingga dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan secara tidak langsung berdampak pada penurunan angka kematian atau mortalitas. Contoh obat yang mengandung unsur radio aktif adalah isoniazid yang mengandung c radioaktif, sangat efektif dan menyembuhkan penyakit TBC.
3.      Dalam bidang telekomunikasi
·      Manusia telah membuat televisi, radio, telepon, yang dapat digunakan intuk berkomunikasi dengan cepat. Dalam waktu yang singkat manusia dapat memperoleh informasi dari daerah yang sangat jauh, sehingga penggunaan waktu dan biaya sangat efisien.
4.      Dalam bidang pertahanan dan keamanan
·      Manusia telah mampu menciptakan alat atau persenjataan yang sangat canggih, sehingga dapat mempertahankan keamanan wilayahnya dengan baik. Sayangnya banyak sekali kasus penyalahgunaan senjata yang dilakukan oleh oknum maupun sipil.


Pada hakikatnya manusia menciptakan teknologi untuk memberi kemudahan dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak pungkiri banyak sekali paradigma yang ada dimasyarakat yang dapat menyebabkan masyarakat terjebak pada pola konsumtif. Ini terjadi karena adanya faktor-faktor sosial diantaranya:
1.    Mengikuti trend terbaru
2.    Pengakuan atas strata sosial (gengsi)
3.    Dorongan dari lingkungan sekitar
4.    Ingin terlihat lebih menonjol

Namun kembali kepada cara pandang masing-masing individu apakah mereka menganggap teknologi sebagai produk efisiensi atau produk gengsi.

D.     Dampak Teknologi terhadap Kehidupan Manusia
Perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan.

Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. 

Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan  membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan.  

Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu iptek tidak pernah bisa mejadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan. Dampak positif dan dampak negative dari perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang, antara lain:
1.   Bidang Informasi dan komunikasi
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positipnya antara lain:
a.   Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui  internet.
b.   Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
c.   Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain.
Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
a.    Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas).
b.    Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu.
c.    Kerahasiaan alat tes semakin terancam. Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
d.    Kecemasan teknologi. Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.

2.   Bidang Ekonomi dan Industri
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
1.   Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
2.   Terjadinya industrialisasi.
3.   Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
4.   Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
5.   Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain;
  1.  Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan;
  2.  Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”. 

3.   Bidang Sosial dan Budaya
Kemajuan teknologi yang dapat kita lihat pada bidang sosial dan budaya yaitu:
1.   Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
2.   Meningkatnya rasa percaya diriKemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri  sebagai suatu  bangsa  akan  semakin  kokoh.  Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
3.   Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek budaya:
1.    Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
2.   Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
3.   Pola interaksi antar manusia yang berubah      Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.

4.   Bidang Pendidikan
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:
1.      Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
2.      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
3.   Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.     
Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses  pendidikan antara lain:
1.    Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
2.    Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.  

5.   Bidang Politik
Beberapa dampak teknologi pada bidang politik adalah sebagai berikut:
1.      Timbulnya kelas menengah baru  
Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negera Barat. Dapat diramalkan, kelas menengah baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar.
2.    Proses regenerasi kepemimpinan. Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kental.
3.   Di bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh berkembangnya regionalisme. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. Ditambah dengan kemajuan di bidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi, sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru.













BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
Kehidupan manusia pada zaman sekarang tidak dapat terlepas dari perkembangan teknologi. Kemajuan suatu zaman ditandai dengan perkembangan peradabannya. Perkembangan peradaban pada zaman sekarang sangatlah pesat dan salah satunya adalah dengan adanya dengan teknologi yang notabene semakin memudahkan kehidupan manusia. Namun di sisi lain teknologi memiliki dampak negatif, dan hal tersebut perlu ditangani dengan bijak dan dilakukan antisipasi baik dengan lebih memahami teknologi tersebut dari berbagai aspek, baik aspek kesehatan, regulasi, keamanan, ekonomi, dan sebagainya. Penggunaan teknologi yang tepat guna akan memberikan manfaat dan nilai tambah bagi kehidupan manusia.

























DAFTAR PUSTAKA

Alisyahbana, Iskandar. 1980. Teknologi dan Perkembangan: Dampak Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) Terhadap Kehidupan Manusia Dan Sistem Pendidikan. Yayasan Idayu. Jakarta

Setiadi, Elly M., Kama Abdul Hakam, dan Ridwan Effendi. 2009. Ilmu Sosial dan  Budaya Dasar, Edisi Kedua, Penerbit Kencana, Bandung.

_________, 2012, Jenis-Jenis Teknologi, [online], (http://www.scribd.com/doc/97451514/jenis-teknologi, diakses tanggal 24 Desember 2012).


Post a Comment