LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
DEWAN PENGAWAS IMPROVISASI 2010
PROGRAM DIPLOMA SEKOLAH VOKASI EKONOMI UGM
A. Laporan Pertanggungjawaban
Kegiatan Tim
1.
Anggota Tim
No.
|
NAMA
|
KODE MAHASISWA
|
1
|
Septian Dwi Purwanto
|
08/11165/NE
|
2
|
Tegar Purbaya
|
08/10987/NE
|
3
|
Wempi Napitupulu
|
08/10957/NE
|
2.
Core Competency Team
Team Description
Team Description
Dewan
Pengawas adalah salah satu perangkat IMPROVISASI 2010 yang memiliki fungsi
pengawasan teknis dalam seluruh kegiatan IMPROVISASI 2010.
Job description Dewan Pengawas adalah sebagai berikut :
- Menjalankan fungsi pengawasan secara keseluruhan mulai dari
recruitmen, tender pengadaan barang dan pelaksanaan kegiatan teknis dalam
pelaksanaan kegiatan IMPROVISASI 2010 Program Diploma Ekonomika dan Bisnis
Sekolah Vokasi UGM.
- Berkoordinasi dengan seluruh unsur perangkat IMPROVISASI 2010 Program
Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM untuk melakukan pengawasan
anggaran dana dalam pelaksanaan kegiatan IMPROVISASI 2010.
- Mencatat, melaporkan, dan memberikan rekomendasi keputusan,atas
pelanggaran yang dilakukan panitia kepada mahkamah.
- Mengumumkan segala keputusan atas pelanggaran yang terjadi dalam
pelaksanaan kegiatan IMPROVISASI 2010 yang telah diputuskan oleh mahkamah.
- Mematuhi dan menjalankan fungsinya sesuai yang tertuang dalam
peraturan pelaksanaan kegiatan IMPROVISASI 2010.
- Memberikan penilaian dan reward kepada OC atas kinerja yang telah
dilaksanakannya.
- Membuat LPJ DP IMPROVISASI 2010
3. Analisa Kegiatan
PRA PELAKSANAAN
A. Pembentukkan Tim Dewan Pengawas
Pembentukan Dewan Pengawas
dilakukan bersamaan dengan pembentukan Steering Comitte, Mahkamah, dan
penunjukkan Koordinator Improvisasi 2010 pada rapat yang dipimpin oleh Dewan
Delegasi.
B. Pengawasan Tender
Dewan Pengawas sebagai dewan
yang mengawasi kegiatan dan pelaksanaan Improvisasi 2010 melakukan pengawasan
terhadap tender yang dilaksanakan oleh Sie. Logistik. Tender dilakukan sebanyak
2 kali pada tanggal 8 Juli dan 22 Juli 2010, antara lain tender untuk pengadaan
kaos dan batik sebagai atribut resmi saat hari-H Improvisasi 2010 dan tender
pengadaan ATK seperti blocknote untuk mahasiswa baru, sertifikat untuk panitia
dan mahasiswa baru, dan co-card untuk panitia.
C. Penentuan Dresscode dan Peraturan
Sebelum kegiatan Improvisasi
2010, Dewan Pengawas menentukan atribut yang diperbolehkan dipakai oleh panitia
pada saat hari-H Improvisasi 2010. Penentuan dresscode mengacu pada peraturan
dresscode Improvisasi 2009 yang telah dibuat dengan beberapa perubahan.
Perubahan dilakukan untuk menyesuaikan bulan Ramadhan yang bertepatan dengan 3
hari kegiatan Improvisasi 2010.
Peraturan yang dibuat oleh Dewan Pengawas adalah peraturan untuk Rapat Besar dan 3 hari pelaksanaan Improvisasi 2010. Seperti halnya penentuan dresscode, pembentukkan peraturan juga mengacu pada Improvisasi 2009.
Peraturan yang dibuat oleh Dewan Pengawas adalah peraturan untuk Rapat Besar dan 3 hari pelaksanaan Improvisasi 2010. Seperti halnya penentuan dresscode, pembentukkan peraturan juga mengacu pada Improvisasi 2009.
D. Pengawasan Rapat Besar
Rapat Besar Improvisasi 2010
dilaksanakan sebanyak dua kali. Rapat Besar 1 dilaksanakan pada tanggal 3 juli
2010 bertempat di ruang 304 Kampus Program Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah
Vokasi UGM dan Rapat Besar 2 dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2010 di
tempat yang sama. Rapat Besar 1 membahas pengenalan setiap perangkat
Improvisasi 2010 dan rencana kegiatan yang akan dipersiapkan untuk Improvisasi
2010. Sedangkan pada Rapat Besar 2 membacakan laporan kegiatan yang sudah
dilakukan setiap perangkat Improvisasi 2010.
E. Fitting Atribut
Fitting Atribut adalah kegiatan
yang diadakan oleh Dewan Pengawas Improvisasi 2010 untuk memastikan bahwa
atribut yang akan dipakai setiap perangkat Improvisasi 2010 telah sesuai dengan
peraturan yang telah ditetapkan. Fitting dilaksanakan pada tanggal 31 Juli
2010 di depan ruang Himpunan Mahasiswa
Jurusan Kampus Program Diploma Ekonomika
dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM.
PELAKSANAAN
A. Technical Meeting, 17 Agustus 2010
Pada saat Technical Meeting IMPROVISASI 2010, pengawasan
teknis acara sudah dilakukan dengan cukup baik. Ketika ada 1 peserta
IMPROVISASI yang pingsan, langsung ditangani dengan baik oleh P3K. Dalam segi
pelanggaran kedisiplinan, Dewan Pengawas mencatat sekitar 3 orang telat dan 1
orang bolos (mangkir) dari Technical Meeting.
B. Hari Ke-1, 19 Agustus 2010
Dua catatan penting terjadi pada acara IMPROVISASI hari
pertama. Pertama, panitia IMPROVISASI yang terlambat mencapai 7 orang. Kedua,
seluruh panitia mendapat teguran keras dari Pengelola yang saat itu ditujukan kepada 2 anggota
Dewan Pengawas pada saat evaluasi peserta yang dilakukan oleh Sie Keamanan. Hal
ini dikarenakan Sie Keamanan agak keras saat menegur peserta yang melakukan
pelanggaran. Setelah acara IMPROVISASI hari pertama dan rapat evaluasi panitia
berakhir, Sie Keamanan, Ketua OC, SC, DP, Mahkamah, dan Koordinator IMPROVISASI
melakukan rapat tertutup. Rapat ini membahas tentang metode peneguran yang
dilakukan oleh Sie Keamanan saat evaluasi peserta yang terkesan agak keras.
Rapat tertutup ini menghasilkan beberapa keputusan, dua diantaranya yaitu
penurunan volume suara saat evaluasi peserta dan perubahan metode peneguran
saat evaluasi peserta.
C. Hari Ke-2, 20 Agustus 2010
Pada hari ke-2 IMPROVISASI, tercatat 10 orang panitia
terlambat. Jumlah ini lebih banyak daripada hari pertama. Ironisnya, ada salah
seorang perangkat atas IMPROVISASI yang baru datang di atas jam 10 pagi. Dari
segi pengawasan acara, Dewan Pengawas sering melupakan kontrol terhadap waktu
pada tiap acara. Hal ini dikarenakan Dewan Pengawas terlalu fokus pada
pengawasan panitia. Setelah acara IMPROVISASI hari ke-2 berakhir, seluruh
panitia melakukan rapat evaluasi. Pada rapat tersebut, terjadi sedikit konflik
antara Ketua OC dengan Sie Dana Usaha. Hal ini dikarenakan ada miskomunikasi
dalam hal sponsorship. Lalu Dewan
Pengawas berinisiatif agar diadakan pertemuan tertutup antara perangkat atas
IMPROVISASI dengan Sie Dana Usaha. Pertemuan tersebut menghasilkan perdamaian
dan penyatuan pemahaman antara Ketua OC dengan Sie Dana Usaha.
D. Hari Ke-3, 21 Agustus 2010
Hari ke-3 IMPROVISASI adalah evaluasi penting untuk Dewan
Pengurus. Sekitar 12 orang panitia terlambat. Hal ini menjadi trend buruk dalam
kedisiplinan kepanitiaan dan indikasi kurang tegasnya Dewan Pengawas. Kontrol
terhadap waktu pun berjalan kurang baik, walaupun ada beberapa faktor penyebab
eksternal, salah satunya keterlambatan pembicara. Pada saat penutupan
IMPROVISASI, Dewan Pengurus lalai dalam mengawasi Sie Acara, khususnya saat
acara pemutaran video IMPROVISASI yang seharusnya tidak dilakukan karena masih
ada banyak peserta dan panitia IMPROVISASI yang belum menunaikan shalat
Maghrib. Dewan Pengawas pun akhirnya mendapat teguran dari Pengelola.
HAMBATAN DAN REKOMENDASI
A. Hambatan Selama Pelaksanaan
·
Panitia yang
terlambat terus mengalami peningkatan selama hari H
·
Dewan Pengawas
kurang memperhatikan kontrol waktu
·
Beberapa panitia
perangkat atas IMPROVISASI yang seharusnya menjadi panutan untuk panitia
lainnya, malah melakukan pelanggaran kedisiplinan dan peraturan lainnya,
diantaranya terlambat dan melangkahi tanaman yang tidak boleh dilangkahi
·
Banyak panitia yang
meremehkan peraturan IMPROVISASI, khususnya perihal waktu
·
Kurangnya
koordinasi antar anggota Dewan Pengawas
·
Dewan Pengawas
kurang tegas dalam menjalankan tugasnya
B. Rekomendasi
Untuk Dewan Pengawas Selanjutnya
·
Diperlukan
orang-orang yang memiliki integritas, independensi, dan konsistensi yang cukup
baik untuk menjadi Dewan Pengawas sehingga Dewan Pengawas dapat dinilai tegas
·
Adil pada saat
melakukan pengawasan, apakah dia panitia perangkat atas atau panitia Sie yang
sebenarnya teman dekat ato sahabat
·
Membuat peraturan
ketat untuk seluruh panitia, namun jangan sampai mempersulit
·
Tiga hal yang
seharusnya diperhatikan secara ekstra : kontrol waktu, pengawasan kedisiplinan
panitia, dan sebagai mediator konflik antar-panitia
·
Dewan Pengawas
tidak boleh banyak bergurau dan melakukan hal yang kurang berguna selama
IMPROVISASI
No comments:
Post a Comment